Obat keputihan menjadi solusi untuk mengatasi keputihan tidak normal yang menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas atau berhubungan intim. Keputihan abnormal bisa sangat kental, menggumpal, berwarna abu-abu atau kehijauan, berbau amis, berbusa, serta memunculkan gatal dan nyeri di vagina.

Keputihan tidak normal perlu ditangani dengan obat keputihan yang sesuai dengan penyebabnya agar keluhan tersebut benar-benar hilang. Keputihan abnormal dapat disebabkan oleh radang panggul; penyakit menular seksual; infeksi bakteri, jamur, maupun parasit; serta efek samping obat tertentu, seperti pil KB.

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Pilihan Obat Keputihan di Apotik

Obat untuk mengatasi keputihan yang umum digunakan mencakup clindamycin, nystatin, fluconazole, dan metronidazole. Obat keputihan tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, dan ovula (tablet vagina) yang dapat dibeli dengan resep dokter.

Berikut adalah beberapa produk obat keputihan yang bisa Anda dapatkan di apotek:

Nystatin Tablet Vagina

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Beli Nystatin Tablet Vagina di Sini

Nystatin Tablet Vagina ampuh mengatasi keputihan yang timbul akibat infeksi jamur vagina. Obat keputihan ini mengandung 100.000 SI nystatin yang termasuk dalam golongan antijamur.

Nystatin bekerja merusak membran sel jamur sehingga jamur penyebab infeksi akan berhenti tumbuh dan berkembang. Berbekal kemampuannya tersebut, nystatin bisa mengatasi infeksi jamur vagina dan keluhan yang ditimbulkan, seperti keputihan menggumpal, gatal di vagina, dan nyeri saat berkemih atau berhubungan seksual.

Nystatin Tablet Vagina digunakan pada malam hari sebelum tidur. Masukkan obat keputihan ini ke dalam vagina sesuai dosis yang dianjurkan dokter. Tetap gunakan obat meskipun sedang menstruasi atau gejala infeksi jamur vagina sudah membaik.

Neo Gynoxa Ovula

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Beli Neo Gynoxa Ovula di Sini

Neo Gynoxa Ovula merupakan obat keputihan yang ampuh untuk mengatasi infeksi parasit Trichomonas vaginalis dan jamur Candida albicans. Trichomonas vaginalis menyebabkan trikomoniasis, sedangkan Candida albicans menyebabkan kandidiasis vagina. Tiap ovula mengandung 500 mg metronidazole dan 100.000 SI nystatin.

Metronidazole bersama nystatin dapat menghentikan pertumbuhan bakteri, parasit, dan jamur penyebab infeksi vagina. Jika penyebab infeksi vagina diatasi, gejala yang timbul, seperti keputihan dan gatal parah di vagina juga bisa sembuh.

Cara penggunaan Neo Gynoxa Ovula adalah dengan dimasukkan ke dalam vagina pada malam hari sebelum tidur. Agar mudah masuk ke dalam vagina, basahkan obat keputihan ini dengan air selama 1–2 detik terlebih dahulu.

Flagystatin Ovula

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Beli Flagystatin Ovula di Sini

Flagystatin Ovula adalah obat keputihan yang manjur untuk mengatasi infeksi vagina akibat trikomoniasis dan kandidiasis vaginalis. Tiap ovula mengandung 500 mg metronidazole dan 100.000 SI nystatin.

Metronidazole dan nystatin yang terkandung dalam Flagystatin Ovula bekerja sama menghentikan pertumbuhan bakteri, parasit, dan jamur penyebab infeksi vagina. Dengan begitu, infeksi vagina yang disertai dengan keputihan abnormal dapat teratasi.

Flagystatin Ovula hanya digunakan di vagina. Masukkan 1 ovula ke dalam vagina pada malam hari sebelum tidur. Agar lunak, basahkan ovula dengan air 1–2 detik sesaat sebelum dimasukkan ke dalam vagina.

Fladystin Ovula

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Beli Fladystin Ovula di Sini

Fladystin Ovula merupakan obat keputihan yang ampuh mengatasi vaginitis akibat infeksi parasit Trichomonas vaginalis dan atau jamur Candida albicans. Tiap ovula berisi 500 mg metronidazole dan 100.000 SI nystatin.

Metronidazole mampu menghentikan pertumbuhan bakteri dan parasit, sedangkan nystatin membunuh jamur penyebab infeksi vagina. Berbekal kemampuan dua bahan aktif tersebut, Fladystatin Ovula bisa menyembuhkan vaginitis beserta gejala yang timbul, seperti keputihan dan gatal di vagina.

Fladystin Ovula digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina pada malam hari sebelum tidur.

Flagyl Forte Tablet

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Beli Flagyl Forte Tablet di Sini

Flagyl Forte Tablet dapat digunakan sebagai obat keputihan, terutama keputihan yang timbul karena vaginosis bakterialis atau trikomoniasis. Tiap tablet Flagyl Forte mengandung 500 mg metronidazole sebagai bahan aktifnya.

Metronidazole dapat menghentikan pertumbuhan mikroba, termasuk bakteri penyebab vaginosis bakterialis dan parasit penyebab trikomoniasis. Jika bakteri atau parasit penyebab infeksi sudah berhenti tumbuh dan mati, keputihan dan gejala lain yang menyertainya juga turut mereda.

Flagyl Forte Tablet sebaiknya dikonsumsi pada saat makan atau setelah makan. Telan tablet dengan air putih. Jangan membelah, mengunyah, atau menggerus tablet, kecuali jika diperbolehkan oleh dokter.

Dalacin C Kapsul

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Beli Dalacin C Kapsul di Sini

Dalacin C Kapsul efektif untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada organ kelamin wanita, termasuk vaginosis bakterialis dan chlamydia. Tiap kapsul Dalacin C mengandung 300 mg clindamycin.

Kandungan clindamycin dalam Dalacin C Kapsul bisa menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi vagina. Dengan cara kerja ini, keputihan dan gejala lain yang menyertai infeksi di vagina bisa diatasi.

Dalacin C Kapsul bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Telan kapsul Dalacin C dengan bantuan air putih.

Zemyc Kapsul

7 Obat Keputihan yang Ampuh Atasi Keluhan dan Penyebabnya - Alodokter

Beli Zemyc Kapsul di Sini

Zemyc Kapsul bisa digunakan sebagai obat keputihan, terutama keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur vagina atau kandidiasis vulvovaginal. Satu kapsul Zemyc mengandung 150 mg fluconazole.

Bahan aktif fluconazole di dalam Zemyc Kapsul mampu membasmi jamur penyebab infeksi vagina. Ketika jamur mati dan tidak tumbuh kembali, gejala kandidiasis vulvovaginal, seperti keputihan abnormal, gatal di vagina, dan dispareunia pun berangsur menghilang.

Zemyc Kapsul bisa dikonsumsi bersama makanan, seperti pisang atau bisa ditelan langsung dengan air putih.

Selain dengan obat dari dokter, keputihan abnormal juga bisa diatasi dengan obat keputihan tradisional. Namun, penggunaan obat tradisional tersebut harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Sebelum dokter meresepkan obat keputihan, jelaskan semua keluhan yang Anda alami, termasuk jika ada perdarahan vagina di luar siklus menstruasi, nyeri panggul, atau penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya. Gejala tersebut bisa menandakan kanker rahim yang perlu ditangani dengan histerektomi.

Agar penggunaan obat keputihan efektif dan aman, beri tahu dokter mengenai riwayat alergi, penyakit, serta obat-obatan yang sedang digunakan. Informasikan juga jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui.