Susu bayi bisa menjadi pilihan ideal untuk melengkapi nutrisi Si Kecil. Susu ini mengandung berbagai nutrisi khusus yang dapat mendukung perkembangan otak dan pertumbuhannya.

Susu formula untuk bayi umumnya terbuat dari susu sapi yang diolah secara khusus. Susu bayi juga dilengkapi dengan nutrisi-nutrisi berkualitas, seperti DHA dan prebiotik, yang terbukti dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Rekomendasi Susu Bayi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak - Alodokter

Ada banyak pilihan susu bayi di pasaran yang bisa Anda berikan kepada buah hati. Bahkan, ada pula susu bayi yang diformulasi khusus untuk anak dengan kebutuhan spesifik, misalnya anak dengan alergi susu sapi, intoleransi laktosa, atau berat badan lahir rendah.

Beberapa Susu Bayi Terbaik yang Bisa Anda Pilih untuk Buah Hati

Susu bayi tersedia dalam berbagai merek dengan kandungan yang bervariasi. Oleh karena itu, sebelum membelinya, pastikan nutrisi dan manfaat yang ditawarkan oleh merek tersebut sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

Berikut adalah beberapa pilihan susu bayi yang bisa Anda beli:

Bebelove 1 Formula Bayi Bubuk 200 gram

Rekomendasi Susu Bayi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak - Alodokter

Beli Bebelove 1 Formula Bayi Bubuk 200 gr di Sini

Bebelove 1 ditujukan untuk bayi berusia 0 hingga 6 bulan. Susu bayi ini memiliki kandungan galakto oligosakarida (GOS) dan frukto oligosakarisa (FOS). Keduanya merupakan prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Bebelove 1 juga diperkaya dengan asam lemak sehat, seperti omega 3, omega 6, dan DHA. Kandungan tersebut diketahui baik untuk meningkatkan perkembangan otak bayi. Selain itu, susu bayi ini juga mengandung 7 mineral dan 14 vitamin yang dapat melengkapi kebutuhan gizi bayi setiap harinya.

Baca tabel aturan pemberian yang tertera pada kemasan, karena takaran dan jadwal pemberian susu ini tergantung pada umur atau berat badan.

Sebagai contoh, untuk bayi usia 2 bulan (3,5–4 kg), susu ini diberikan sebanyak 5 kali sehari. Takarannya adalah 4 sendok takar di dalam 120 ml air matang.

Infatrini Powder 400 gram

Rekomendasi Susu Bayi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak - Alodokter

Beli Infatrini Powder 400 gr di Sini

Infatrini Powder diformulasikan khusus untuk bayi usia 0 bulan sampai 1 tahun dengan gangguan kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung atau kelainan pada paru-paru. Susu bayi ini juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang sedang sakit berat, misalnya mengalami luka bakar.

Infatrini Powder mengandung kalori yang lebih tinggi dari standar susu formula bayi pada umumnya, yaitu 100 kkal/100 ml. Oleh sebab itu, susu bayi ini tepat diberikan kepada bayi dengan kondisi tertentu agar ia terhindar dari kekurangan nutrisi.

Infatrini Powder dilengkapi dengan protein whey dan minyak nabati sebagai sumber kalori tambahan yang sehat untuk bayi. Selain itu, susu bayi ini juga mengandung omega 3, prebiotik, zat besi, serta vitamin dan mineral lain yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Untuk membuat susu bayi ini, tuangkan 90 ml air hangat ke dalam botol bayi, lalu tambahkan 4 sendok takar Infatrini Powder. Setelah itu, kocok botol sampai susu larut dengan air.

Nutribaby Royal Pepti Junior 400 gram

Rekomendasi Susu Bayi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak - Alodokter

 

Beli Nutribaby Royal Pepti Junior 400 gr di Sini

Nutribaby Royal Pepti Junior merupakan susu untuk bayi usia 0 bulan sampai 1 tahun. Susu bayi ini ditujukan khusus untuk bayi yang mengalami gangguan pencernaan dan memiliki alergi susu sapi.

Nutribaby Royal Pepti Junior mengandung manfaat protein susu sapi, tetapi dalam bentuk yang tidak memicu alergi. Oleh sebab itu, susu bayi ini bisa memberikan semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi tanpa menimbulkan reaksi alergi maupun intoleransi laktosa.

Susu bayi ini dilengkapi dengan 13 vitamin, 11 mineral, dan minyak ikan yang baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Untuk membuat susu bayi ini, tuangkan air hangat sebanyak 90 ml air hangat ke botol bayi dan tambahkan 3 sendok takar susu. Selanjutnya, aduk atau kocok terlebih dahulu sampai susu larut dalam air. Berikan kepada Si Kecil setelah suhu susu aman untuk diminum.

Lactogen Premature & LBW 400 gram

Rekomendasi Susu Bayi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak - Alodokter

Beli Lactogen Premature & LBW 400 gr di Sini

Lactogen Premature & LBW merupakan susu bayi yang ditujukan untuk bayi usia 0 sampai 6 bulan. Susu bayi ini diformulasikan khusus bagi bayi prematur dan berat badan lahir rendah.

Lactogen Premature & LBW dilengkapi dengan minyak LC-PUFA dan asam amino. LC-PUFA bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Sementara itu, asam amino berfungsi untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi, serta membantu banyak organ tubuh agar berfungsi dengan normal.

Susu bayi ini dilengkapi dengan whey protein, 8 mineral, premiks mineral, dan premiks vitamin. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menambah berat badan bayi sekaligus melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh bayi.

Tuangkan 120 ml air hangat ke botol bayi dan tambahkan 4 sendok takar susu bayi ini. Aduk susu atau kocok botol bayi sampai susu larut dalam air. Perlu diketahui, saran penyajian maupun jumlah susu bayi yang diberikan bisa berbeda, tergantung pada kebutuhan setiap bayi.

Neocate LCP 400 gram

Rekomendasi Susu Bayi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak - Alodokter

Beli Neocate LCP 400 gram di Sini

Neocate LCP bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi 0–12 bulan yang menderita alergi susu sapi atau memiliki kondisi medis tertentu. Susu bayi ini berbahan dasar asam amino sehingga bisa mencukupi asupan protein bayi tanpa memicu terjadinya reaksi alergi.

Selain asam amino, Neocate LCP juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi dan mendukung pertumbuhannya.

Takaran Neocate LCP perlu disesuaikan dengan usia dan berat badan bayi. Sebagai contoh, takaran untuk bayi baru lahir adalah 3 sendok takar dan 90 ml air. Sementara untuk bayi usia 3 bulan, takarannya adalah 4 sendok takar dan 120 ml air.

Berbagai susu bayi di atas bisa menjadi pilihan untuk mencukupi asupan nutrisi dan meningkatkan berat badan bayi. Pastikan Ibu sudah tahu pilihan susu yang tepat untuk bayi sesuai kondisi kesehatannya. Ibu juga perlu memperhatikan takaran susu bayi yang tepat untuk buah hati.

Agar Ibu mengetahui informasi lebih detail mengenai kandungan nutrisi, manfaat, dan takaran yang tepat untuk Si Kecil, sebaiknya baca dengan lengkap petunjuk pada kemasan produk susu. Lebih baik lagi, konsultasikan dengan dokter mengenai produk susu dan takaran yang tepat untuk anak.